DOA KETIKA DIPUJI ORANG | DOA DIPUJI ORANG

Sahabatku Fillah
Berhati-hatilah ketika kita dipuji orang. Pujian bisa jadi 'membinasakan' karena jika kita terlena, bisa-bisa kita terperosok ke dalam sifat ujub dan sombong.


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan:
(1) tamak lagi kikir,
(2) mengikuti hawa nafsu (yang selalu mengajak pada kejelekan), dan ujub (takjub pada diri sendiri)."
(HR. Abdur Rozaq 11: 304.  Lihat Shahihul Jaami’ 3039).


Sekarang, apa yang mesti kita ucapkan jika kita dipuji orang lain?
Berikut ini ada do'a yang diucapkan oleh sahabat Abu Bakar radhiallahu 'anhu ketika beliau dipuji:

Ketika dipuji, Abu Bakr berdo'a,


اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ

Allahumma anta a'lamu minni bi nafsiy, wa anaa a'lamu bi nafsii minhum. Allahummaj 'alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya'lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.


[Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka] (Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 228, no.4876. Lihat Jaami'ul Ahadits, Jalaluddin As Suyuthi, 25: 145, Asy Syamilah)


Sebagaimana disebutkan Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman, Al Auza'i mengatakan bahwa ketika seseorang dipuji oleh orang lain di hadapan wajahnya, maka hendaklah ia mengucapkan do'a di atas.


Nah jika sahabatku dipuji orang maka jangan lupa membaca doa di atas, agar kita tidak sombong, mentang2 di puji eh malah tambah gede tuh kuping, yuk kita amalkan dan hafalkan doa ini, semoga kita dengan mengamalkan doa ini kita jadi tambah baik dan ganteng bagi yang cowok dan cantik bagi yang cewek, amin

jangan lupa untuk share ya sahabatku agar bermanfaat untuk yang lainnya juga. sebarkan kebaikan walau hanya sebesar buih dilautan, karna sekecil apapun kebaikan itu maka akan tetap ada nilainya.

4 Responses to "DOA KETIKA DIPUJI ORANG | DOA DIPUJI ORANG"

  1. ane baru tahu gan kalau ternyata saat dipuji orang, ada doa nya juga. Biasa nya sih ane kalau dipuji orang suka senyum dan bangga doank gan hhhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah klo dipuji mas, dari namanya saja sudah cakep, ya pantaslah klo bayak yang muji.

      semoga bermanfaat mas, dan jangan sungkan untuk meramaikan blog ini.

      Hapus
  2. saya kira alhamdulillah saja kang ucapannya. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum saya baca buku saya kira jga begitu. Tpi ya Karna saya tau maka saya mencoba untuk menyebarluaskan ilmu yg saya dapat ini.
      semoga bermanfaat

      Hapus

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com