MANFAAT DOA | YUK KITA BERDOA


Sahabat Arrahman Blog, dimalam yang gelap gulita saya sempatkan bangun dan Buka Laptop dan Alhamdulillah dapat Share Dari Kiyai saya USTAD DWIYONO, atau dikenal dengan ustad dwi. dan Saya Kemas lagi untuk isi artikel blog saya ini semoga kita bisa mengamalkannya amin.

Tema artikel kali ini sangat sering kita Lalukan yaitu DOA atau lebih tepatnya Kita akan membahsa Manfaat dari Doa itu sendiri. yuk Kita Ngaji sebentar , Bismillahirrohmaanirrahiem
1. Do’a adalah ibadah dan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ
“Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud no. 1479, At Tirmidzi no. 2969, Ibnu Majah no. 3828 dan Ahmad 4/267; dari An Nu’man bin Basyir)


2. Do’a adalah sebab untuk mencegah bala’ bencana.


3. Do’a itu amat bermanfaat dengan izin Allah. Manfaat do’a ada dalam tiga keadaan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut,
“Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal :

[1] Allah akan segera mengabulkan do’anya,

[2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan

[3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.”

Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do'a-do'a kalian.”
(HR. Ahmad 3/18).


4. Do’a adalah sebab kuat dan semakin mendapatkan pertolongan menghadapi musuh.

5. Do’a merupakan bukti benarnya iman dan pengenalan seseorang pada Allah baik dalam rububiyah, uluhiyah maupun nama dan sifat-Nya. Do’a seorang manusia kepada Rabbnya menunjukkan bahwa ia yakini Allah itu ada dan Allah itu Maha Ghoni (Maha Mencukupi), Maha Melihat, Maha Mulia, Maha Pengasih, Maha Mampu, Rabb yang berhak diibadahi semata tidak pada selainnya.

6. Do’a menunjukkan bukti benarnya tawakkal seseorang kepada Allah Ta’ala. Karena seorang yang berdo’a ketika berdo’a, ia berarti meminta tolong pada Allah. Ia pun berarti menyerahkan urusannya kepada Allah semata tidak pada selain-Nya.

7. Do’a adalah sebagai peredam murka Allah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ
“Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.”
(HR. Tirmidzi no. 3373).


Wallahu a'lamu bissawab, Semoga Artikel yang singkat ini Bermanfaat untuk kita semua amin ya robbal Alamin, Jangan Sungkan Untuk share Artikel bermanfaat ini, agar Kita Termasuk orang yang menyebarkan Ilmu dan kebaikan.

0 Response to "MANFAAT DOA | YUK KITA BERDOA"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com