Tekanan-tekanan yang dirasakan oleh banyak orang di tempat kerja dapat
membuat seseorang menjadi stres. Jika dibiarkan terus berlarut-larut tanpa ada
solusi maka stres dapat membuat produktivitas seseorang mengalami penurunan dan
jika sudah demikian maka tak heran perusahaan melakukan kaji ulang terhadap
kinerja karyawan tersebut, teguran berupa sangsi bahkan hingga pemecatan bukan
tidak mungkin terjadi.
Stres di tempat kerja adalah hal yang biasa dialami oleh setiap karyawan,
namun kemampuan masing-masing individu dalam mengatasi stres yang dialaminya
dapat berbeda-beda. Mendeteksi sedini mungkin apakah Anda sedang mengalami
stres di tempat kerja adalah sangat penting sebelum perusahaan mengetahuinya.
Tanda-tanda stres yang dialami tiap-tiap karyawan juga berbeda-beda, namun jika
Anda mengalami atau merasakan satu dari kelima tanda umum berikut ini ada
baiknya Anda perlu beristirahat sejenak untuk menenangkan diri, mengumpulkan
kekuatan kembali agar bisa bekerja dengan maksimal, dan kelima tanda tersebut adalah:
1. Anda
benci hari Senin
Kekhawatiran yang berlebihan akan hari Senin mungkin menyebabkan Anda tidak
memiliki semangat untuk menghadapinya. Tandanya, pada Minggu malam Anda tidak
dapat tidur dengan nyenyak memikirkan tugas-tugas yang harus segera diselesaikan
keesokan harinya.
2. Jam kerja
terasa panjang
Seseorang yang sedang mengalami stres akan terlihat sering murung dan tidak
memiliki semangat, sehingga merasakan jam kerjanya terasa sangat panjang dengan
ditandai berkali-kali melihat ke arah jam.
3.
Menunda-nunda pekerjaan
Pekerjaan yang monoton seringkali membuat seseorang mengalami kebosanan,
jika seseorang sudah dijangkiti rasa bosan maka kebiasaan menunda-nunda
pekerjaan akan sering dia lakukan.
4. Tidak
memiliki teman di tempat kerja
Stres yang dialami oleh seseorang dapat menyebabkan seseorang dijauhi oleh
rekan-rekan kerjanya, karena stres dapat mempengaruhi emosi seseorang entah itu
menjadi pendiam atau malah menjadi sensitif dan pemarah.
5. Ingin
keluar dari pekerjaan
Karena tak kunjung menemukan solusi atas permasalahannya, seseorang yang
merasa tertekan karena stres umumnya memutuskan berkali-kali ingin untuk segera
keluar dari pekerjaan.
Sebagai karyawan memang kita dituntut harus bisa memberikan seratus persen
kemampuan kita demi keberlangsungan perusahaan yang membayar kita. Kebanyakan
perusahaan tidak mau tahu tentang kondisi kita, oleh karena itu daripada
menunggu perusahaan memahami kondisi kita, ada baiknya kita sendirilah yang
harus pandai-pandai mengatur serta mengatasi permasalahan pribadi yang sedang
kita alami.
Bekerja di bawah tekanan memang tidak menyenangkan, semua karyawan tentunya
merasakan stres tidak hanya Anda. Namun, bagaimana cara Anda mengelola serta
mengatasi stres yang sedang Anda rasakan yang akan membedakan kualitas Anda
dengan karyawan yang lain. Oleh karena itu, tips berikut mungkin berguna bagi
Anda yang sedang mengalami stres, supaya stres yang sedang Anda alami tidak
sampai mengurangi produktifitas Anda di tempat kerja:
1. Olahraga
Kelelahan fisik di tempat kerja dapat membuat seseorang mengalami tekanan
yang berujung stres. Olahraga yang notabene adalah aktifitas fisik jangan
dianggap justru sebagai kegiatan yang akan menambah kelelahan Anda. Tubuh yang
tidak terlatih atau jarang berolahraga adalah penyebab utama mengapa Anda mudah
mengalami kelelahan fisik. Oleh karena itu, mulai saat ini Anda bisa memasukkan
olahraga ke dalam daftar kegiatan sehari-hari Anda. Alasan tidak ada waktu
pasti menjadi alasan utama yang akan Anda lontarkan, olahraga bisa dilakukan
kapan dan di mana saja, sebagai contoh, jika selama ini Anda menggunakan
kendaraan bermotor ketika menuju ke tempat kerja, sesekali Anda boleh
memutuskan untuk bersepedah ketika berangkat ke tempat kerja.
2. Meditasi
Stres yang dirasakan seseorang bisa hilang dengan cara meditasi yang bisa
Anda lakukan di rumah atau mengikuti kegiatan-kegiatan meditasi yang Ada di daerah
Anda. Intinya adalah ketenangan batin, dengan meditasi Anda bisa diajak untuk
mensugesti diri Anda agar memiliki ketenangan dan kekuatan menghadapi hari-hari
Anda di tempat kerja.
3. Yoga
Tidak jauh dari meditasi, yoga adalah salah satu cara yang bisa Anda pilih
untuk lakukan guna mengembalikan kemampuan berpikir Anda secara jernih untuk
menyelesaikan setiap permasalahan di tempat kerja.
4. Makan
makanan sehat
Tututan kerja memerlukan kondisi tubuh yang prima. Di samping olahraga
makanan yang Anda konsumsi juga memiliki andil dalam menjaga kesehatan tubuh
Anda. Makanan sehat sangat diperlukan untuk menutrisi otak agar dapat digunakan
berpikir keras dan menjaga konsentrasi kita.
5. Rekreasi
Setelah bekerja keras selama seminggu penuh tubuh Anda juga perlu istirahat
dan rekreasi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan kepenatan yang selama
ini Anda rasakan. Ketika memutuskan untuk rekreasi Anda tidak harus melakukan
ke tempat-tempat yang jauh atau melakukan kegiatan yang penuh dengan resiko
seperti naik ke gunung. Rekreasi dapat Anda lakukan di tempat-tempat terdekat
dengan rumah Anda, seperti memancing, ke kebun binatang, taman kota, toko buku,
dan sebagainya. Intinya bukan ke mana Anda pergi tapi bagaimana Anda
memanfaatkan dengan efektif hari libur Anda supaya Anda siap untuk melakukan
aktifitas kerja keesokan harinya.
0 Response to "Menghilangkan Kejenuhan Saat Bekerja"
Posting Komentar
Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih
Hormat kami
Admin CongMojib.com