Tips Mengatasi Susah Buang Air besar Atau Sembelit

Tips Mengatasi Susah Buang Air Besar 

Atau Sembelit

Sembelit, atau susah buang air besar (BAB) sungguh membuat perut terasa tidak nyaman. Jika Anda tidak bisa BAB lebih dari tiga hari, berarti ada sesuatu yang salah dalam sistem pencernaan dan sebaiknya segera diatasi karena dikhawatirkan bisa memicu penyakit yang serius.

Apa yang bisa dilakukan ketika sembelit mendera? Spesialis kesehatan pencernaan Maged Rizk, M.D., dari Cleveland Clinic, Ohio, Amerika Serikat menyarankan untuk mengubah gaya hidup Anda terlebih dahulu sebelum pergi ke dokter atau minum obat pencahar. Ini lima cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi BAB yang tak lancar.

1. Tambah Minum Air Putih
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama sembelit. Maged menerangkan ketika asupan cairan sudah tercukupi, tubuh tidak perlu menghemat air agar organ-organ dalam berfungsi dengan benar. Sebaliknya jika tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, akan memicu penyerapan air padausus besar dan mengakibatkan faeces yang keras dan kering. Anda disarankan minum sedikitnya delapan gelas air putih per hari, dan bisa bertambah bila aktivitas fisik cukup intens.

2. Lebih Banyak Bergerak
Jika minum air putih tidak juga mengatasi sembelit, kemungkinan karena gaya hidup Anda yang kurang banyak gerak. Cobalah jogging, lari-lari kecil, berdansa atau ikut senam aerobik. Banyak bergerak akan menggoyangkan perut dan usus, dan itu bisa berdampak positif mengatasi sembelit.

"Setiap kali Anda berlari, misalnya, akan timbul getaran di dalam tubuh dan membuat saluran usus bergerak. Kemudian teciptalah gravitasi dan membuat isi di dalamnya (termasuk faeces) melaju," jelas Maged.

3. Perbanyak Konsumsi Serat
Untuk melancarkan BAB, Maged menyarankan untuk mengonsumsi serat antara 25 hingga 50 gram sehari. Serat bisa Anda dapatkan dari roti gandum utuh, bijirin gandum, buah-buahan dan sayuran. Serat berkhasiat melunakkan faeces yang keras, padat dan kering. Selain makanan berserat Anda juga bisa makan yoghurt yang mengandung probiotik.

"Makanan yang mengandung bakteri baik alami bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan juga," tuturnya.

4. Posisi Saat Duduk di Toilet
Ternyata, duduk toilet pun ada tekniknya agar Anda bisa lancar BAB. Seperti dikutip dari Med Umich, duduk di toilet dengan mengarahkan tubuh ke depan. Istirahatkan lengan di paha dan sedikit angkat tumit kaki. Alternatif lain, arahkan badan ke depan dengan memegang pergelangan kaki. Teknik ini akan membuat efek gravitasi, sehingga faeces lebih cepat turun ke bawah.

5. Waktu BAB
Waktu Anda BAB juga tak kalah penting. Biasanya waktu terbaik untuk BAB adalah setengah jam atau 1 jam setelah sarapan. Namun bisa berbeda pada tiap orang, dan bagi beberapa orang setengah hingga 1 jam setelah makan siang bisa efektif. Waktu ini terbaik karena menggunakan refleks gastro-colic, yaitu saat saluran usus sedang aktif atau adanya stimulasi gerak usus yang terjadi dengan makan. Usahakan makan dengan teratur pada jam yang sama agar BAB juga lebih teratur.

0 Response to "Tips Mengatasi Susah Buang Air besar Atau Sembelit"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com