Tips Memilih Makanan Sehat dan Bergizi

Tips Memilih Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan merupakan salah satu kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup salah satunya yaitu manusia. Jika kita sering mengonsumsi makanan yang asal-asalan dan tidak sehat tentu saja hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Oleh karena itu sangat penting sekali mengetahui beberapa tips memilih makanan sehat dan bergizi.

Hal tersebut sangat berguna agar makanan yang dikonsumsi benar-benar sehat dan tidak memiliki efek buruk terhadap kesehatan tubuh. 

Seperti yang kita ketahui makanan yang sehat dan bergizi kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar lebih jelas, berikut beberapa tips memilih makanan yang sehat dan bergizi untuk tubuh.

Cara memilih makanan sehat dan bergizi

Memilih buah dan sayur organik

Tips yang pertama adalah memilih buah dan sayur organik. Jenis makanan organik tentu saja memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang lebih sehat jika dibandingkan dengan buah biasa. Hal ini dikarenakan buah dan sayuran organik tidak menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya. seperti yang diketahui bahan kimia dan pestisida dapat merusak sel-sel di dalam tubuh.

Kurangi mengonsumsi makanan olahan

Yang kedua adalah dengan cara mengurangi makanan olahan dari bahan daging, seperti nugger, sosis, daging asap dan lainnya. Karena makanan olahan tersebut mengandung pengawet yang berupa senyawa nitrat. Dan jika senyawa ini masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang berlebih tentu saja dapat membuat kesehatan tubuh terganggu. Selain masalah pencernaan, salah satu penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh daging olahan adalah penyakit kanker.

Perhatikan tanggal kadaluarsa

Jika Anda menyukai makanan kemasan seperti cemilan kemasan, minuman kalengan ataupun lauk kalengan pastikan memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Karena jika makanan tersebut sudah kadaluarsa, makanan tersebut akan mengandung bakteri yang dapat memicu penyakit.

Hindari jajanan yang berwarna mencolok

Tips memilih makanan sehat dan bergizi selanjutnya adalah menghindari jajanan yang memiliki warna cerah dan mencolok. Biasanya makanan ataupun jajanan yang dijual dipasaran dengan warna yang mencolok dan cerah mengandung beberapa zat pengawet dan tentunya pewarna yang berbahaya. Oleh karena itu lebih baik mengonsumsi makanan yang tidak berpengawet dan tidak berwarna yang terlalu mencolok.

Pastikan memasak hingga matang

Berikutnya adalah memasak makanan hingga benar-benar matang. Baik sayur, lauk pauk hingga daging. Mengonsumsi makanan yang masih setengah matang dapat meningkatkan resiko bakteri masuk ke dalam tubuh. Daging yang masih setengah matang mengandung parasit toksoplasmosis, bakteri salmonella dan jenis mikroba lainnya. bakteri tersebut dapat menyebabkan masalah yang serius pada pencernaan, seperti diare hingga keracunan. Tak hanya itu saja ibu hamil yang mengonsumsi makanan masih setengah matang memiliki dampak buruk terhadap janin yang ia kandung.

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih makanan sehat dan bergizi untuk tubuh.



2 Responses to "Tips Memilih Makanan Sehat dan Bergizi"

  1. Ya benar sekali. Perlu memilih makanan sehat agar tubuh cukup nutrisi benar yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget,,, kudu hati2 memilih makanan sehat

      Hapus

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com