Mencegah Terjadinya Penculikan Anak

Mencegah Terjadinya Penculikan Anak

Berita tentang penculikan anak yang sering Anda lihat di televisi, koran atau media lainnya pasti akan membuat Anda para orangtua menjadi was-was. Pasalnya penculikan yang terjadi tidak hanya terjadi pada anak-anak usia sekolah tapi juga balita yang dijaga oleh pengasuh. Hal inipun kemudian membuat para orangtua membatasi dunia bermain anaknya. Anak-anak disuruh bermain di rumah untuk menghindari terjadinya penculikan. Selain itu, banyak orangtua yang terpaksa berhenti bekerja atau meminta tolong kepada keluarga terdekat untuk menjaga anaknya karena mereka tidak percaya lagi dengan pengasuh bayi.
Selain kedua hal tersbut, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penculikan anak, terutama anak usia sekolah:
·         Tanamkan Kewaspadaan
Katakan kepada anak kalau dia tidak boleh langsung percaya pada orang yang baru dikenalnya. Katakan kepada mereka untuk tidak goyah meskipun dibujuk dengan mainan atau permen. Anda juga harus mengatakan kalau mereka tidak boleh percaya kepada orang yang tidak dikenal atau baru saja dikenalnya meskipun orang tersebut menyebutkan nama salah satu anggota keluarga yang dia kenal.
·         Memilih Pengasuh
Jika Anda sibuk dan tidak ada orang yang bisa dimintai tolong, Anda bisa memanfaatkan jasa pengasuh. Namun pastikan kalau Anda mencari tahu tentang dirinya dan latar belakangnya. Perhatikan juga cara bicara dan bahasa tubuhnya saat bicara dengan Anda.
·         Selalu Mengawasi Anak
Meskipun Anda telah menyewa jasa pengasuh yang akan menemani buah hati Anda, usahakan untuk selalu memiliki waktu luang untuk menemani dan memperhatikannya. Temanilah dia bermain, apalagi saat di luar rumah.
·         Jangan Memberikan Perhiasan Berlebihan
Jika anak sudah bersekolah, jangan pernah memberikan perhiasan yang berlebihan sehingga dapat mengundang perhatian penculik. Anak yang menggunakan perhiasan seperti itu akan diincar oleh para penculik karena mereka menganggap bahwa dia adalah orang yang kaya.
·         Jalin Komunikasi dengan Orang-Orang di Sekolahnya
Usahakan untuk selalu berkomunikasi dengan orang-orang di sekolah atau tempat penitipannya seperti pengasuh atau gurunya. Katakan pada mereka untuk mengawasi anak Anda saat jemputannya terlambat. Katakan juga pada mereka untuk tidak membiarkan anak pergi sebelum orang yang mereka kenal menjemputnya. Dengan begini, Anda akan merasa lebih tenang dan aman.


0 Response to "Mencegah Terjadinya Penculikan Anak"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com